Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan

RENCANA STRATEGIS

RENCANA STRATEGIS

A. Visi

Salah satu langkah dalam management pada umumnya, dan juga management perencanaan adalah perumusan visi organisasi, agar setiap anggota di dalamnya memahami arah dan tujuan – tujuan yang akan dicapai bersama. Pernyataan visi Kantor Kecamatan Maiwa akan dapat membantu setiap pejabat dan aparatur untuk dapat menilai kinerja masa lalu, dan mengindentifikasi berbagai langkah penting untuk dilakukan dimasa depan. Visi diharapkan akan membangkitkan motivasi kerja secara kolektif, karena setiap orang dalam organisasi akan memahami tujuan – tujuan untuk 5 ( lima ) tahun yang akan datang. Pernyataan visi Kantor Kecamatan Maiwa diharapkan mampu menciptakan consensus dari setiap stakeholders sehingga mereka memiliki komitmen yang tinggi dan mencurahkan segala daya dan kemampuan demi tercapainya cita – cita organisasi khususnya, dan pembangunan masyarakat Kabupaten Enrekang pada umumnya. Disamping itu pernyataan visi dapat menciptakan kesadaran kolektif di antara seluruh pejabat dan pegawai tentang pentingnya pencapaian kondisi ideal yang diinginkan dan dirumuskan secara bersama.
Bertitik tolak pada batasan arti penting visi tersebut dan mengacu pada tugas pokok dan fungsi Camat Maiwa, maka secara singkat dapat dirumuskan visi Kantor Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang sebagai berikut :
“ Unggul dalam pelayanan, terkoordinasi dalam pembangunan untuk mewujudkan kemandirian Agropolitan Tahun 2013 ”

B. Misi

Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan, maka setiap organisasi harus mempunyai misi yang jelas. Pernyataan misi mengidentifikasikan apa, dan untuk siapa organisasi, serta produk maupun jasa apa yang dihasilkan. Agar visi yang telah dirumuskan dapat secara bertahap diaplikasikan, maka perumusan misi merupakan suata hal yang sangat penting untuk mengarahkan operasionalisasi sehingga dapat terus eksis dan mengikuti tuntutan perkembangan atau perubahan yang terjadi.
Pada dasarnya misi adalah sesuatu yang harus dilaksanakan oleh setiap organisasi pemerintah agar tujuan organisasi dapat diwujudkan dengan sebaik – baiknya. Dengan pernyataan misi diharapkan seluruh anggota organisasi / pegawai dan pihak yang berkentingan dapat mengenal secara jelas instansi pemerintah dengan peran dan program – programnya serta hasil yang diharapkan dapat diperoleh di masa yang akan datang.
Oleh karena merupakan penentu arah tindakan operasional organisasi, maka perumusan misi perlu mempertimbangkan tugas pokok dan fungsi organisasi, pihak tertentu yang terkait dengan kegiatan organisasi, demikian pula berbagai masalah yang harus ditangani.
Dengan demikian misi yang telah dirumuskan dapat menjadi alat bagi setiap unsure pimpinan dalam organisasi dalam melakukan ukuran kinerja, standar evaluasi dan sekaligus pemberi arah dan pentunjuk kegiatan dalam bentuk Rencana Strategis ( RENSTRA ) organisasi.

Dengan bertitik tolak pada pengertian misi seperti tersebut di atas, maka secara rinci dikemukakan rumusan misi adalah sebagai berikut :

1. Mantapnya dan berkualitasnya sumber daya aparat di Kecamatan Maiwa.
2. Tumbuh kembangnya kebersamaan dan kreatifitas masyarakat.
3. Optimalnya pengelolaan lahan masyarakat
4. Meningkatnya dukungan dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
5. Terlaksananya pembinaan dan koordinasi yang efektif dan efisien pada tingkat Kecamatan Maiwa.
6. Terciptanya suasana ketentraman dan ketertiban yang kondusif.
7. Tersedianya sarana dan prasarana peningkatan produksi.
8. Terwujudnya optimalisasi kinerja aparat pemerintah Kec. Maiwa

C. Tujuan dan Sasaran

Penetapan tujuan didasarkan kepada factor – factor lingkungan strategis sesuai tugas dan fungsi Kantor Kecamatan Maiwa. Tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu dan menggambarkan arah strategis dan perbaikan-perbaikan yang ingin diciptakan. Berdasarkan uraian tersebut, penjabaran visi Kantor Kecamatan Maiwa yang lebih spesifik dan terukur sebagai upaya mewujudkan visi dan misi Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Enrekang, tujuan dimaksud sebagai berikut :

1. Mewujudkan pengembangan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat
2. Mengembangan koordinasi/komunikasi perencaan, peleksanaan dan pengawasan pembangunan pada tingkat kecamatan baik bidang sosial, ekonomi, infrastruktur fisik yang lebih berkualitas.
3. Mewujudkan keunggulan komuditas dan produktifitas yang berdaya saing tinggi berbasis masyarakat melalui pendekatan pembangunan agropolitan yang berkesinambungan berbasis lingkungan menuju kemandirian daerah.
4. Mengembangkan sarana dan prasarana untuk meningkatkan pelayanan public, serta kelancaran mobilisasi social dan ekonomi antara desa/wilayah.
5. Mengembangkan system pendataan, evaluasi, pelaporan, informasi dan pengendalian penyelenggaraan pemerintahan kecamatan.
6. Mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi serta pelayanan public.
7. Memberdayakan kapasitas kelembagaan dan manajemen Kantor Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang.
8. Mengembangkan perekonomian berbasis masyarakat secara merata dan berkeadilan.

Demikian pula halnya dengan sasaran organisasi adalah pernyataan tentang hal-hal yang diharapkan oleh setiap unit organisasi dalam peranannya terhadap pencapaian visi dan misi organisasi yang telah ditetapkan. Berdasarkan uraian tersebut, maka sasaran dalam rencana strategis Kantor Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang adalah sebagai berikut :

1. Terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang diikuti dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat yang religius.
2. Terbitnya efisiensi dan efektivitas organisasi dan manajemen Kantor Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang
3. Berkembangnya kualitas dan cakupan penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur pelayanan publik, guna menunjang aktivitas sosial ekonomi masyarakat.
4. Berkembangnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pemerintahan pelayanan public.
5. Berkembangnya perekonomian daerah yang berbasis masyarakat diikuti dengan peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat.
6. Terwujudnya akan jaminan ketentraman dan ketertiban masyarakat.

D. Strategi Dan Kebijakan

Strategi dan kebijakan pada hakikatnya menjelaskan pemikiran-pemikiran secara konseptual, kualitas, rasional,realistis dan konfrehensif tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk memperlancar atau mempercepat pencapaian visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan. Strategi merupakan rencana yang menyeluruh dan terpadu mengenai upaya-upaya organisasi Kantor Kecamatan Malua :

1. Meningkatkan kualitas sumber daya aparat pelayanan public dan kualitas masyarakat pelaksana kegiatan.
2. Menumbuh kembangkan kebersamaan dan kreatifitas masyarakat
3. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
4. Melaksanakan pembinaan secara continue dan koordinasi yang efektif dan efisien pada tingkat kecamatan maiwa.
5. Menciptakan kondisi keamanan, ketentraman dan ketertiban yang kondusif.
6. Penyediaan sarana dan prasarana pada setiap bidang pembangunan.
7. Optimalisasi kinerja aparat pemerintah kecamatan maiwa.
8. Membangun sistem dan mekanisme perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pembangunan social, ekonomi dan infrastruktur di wilayah kecamatan.
9. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana mendukung serta profesionalisme dan kesejahteraan aparatur kecamatan.

Untuk mencapai strategis dan sasaran maka diperlukan suatu intervensi dalam bentuk kebijakan organisasi. Kebijakan yang dimaksud merupakan suatu dasar atau pedoman bagi pelaksanaan suatu program dan kegiatan. Salah satu unsur penting dalam menetapkan unsure kebijakan adalah tidak hanya baik secara konsep melainkan dapat dilaksanakan secara konsisten, sistematis dan berkesinambungan.
Penetapan kebijakan sebagai suatu cara untuk mencapai tujuan dan sasaran dalam Renstra Kantor Kecamatan Maiwa Kab. Enrekang disusun dengan tetap memperhatikan program pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kab. Enrekang Tahun 2009-2013 yang releven dengan kelembagaan Kantor Kecamatan Maiwa. Dalam kaitannya dengan Renstra Kantor Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang, maka kebijakan yang ditetapkan adalah sebagai berikut:

1. Penguatan kelembagaan terutama ditingkat desa/kelurahan dalam pemberian pelayanan publik.
2. Membangun komunikasi / koordinasi perencaan, pelaksanaan dan pengawasan yang lebih berkualitas baik ditingkat desa, kecamatan maupun kabupaten untuk menjamin integrasi kosistensi dan sinkronisasi dalam pelaksanaannya di wilayah kecamatan.
3. Memberdayakan sistem kelembagaan dan kompetensi aparatur Kantor Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang dalam penyelenggaraan pemerintahan/pembangunan yang didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang cukup dan memadai.
4. Mengembangkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
5. Meningkatakan kapasitas dan keseimbangan kerjasama antara pemerintah desa,kecamatan dan unit kerja tingkat kabupaten.
6. Mengembangkan kajian dan penelitian sebagai bahan dalam formulasi perencanaan dan kebijakan operasional pembangunan daerah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: